VISI

TERWUJUDNYA SEKTOR PERDAGANGAN YANG BERDAYA SAING, AMAN, NYAMAN, TERTIB, SEHAT DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

 

Bahwa dalam kondisi apapun pada era globalisasi dunia, Perdagangan di Kota Samarinda harus tetap eksis dan memiliki daya saing baik di tingkat lokal, regional, maupun internasional. Perdagangan di Kota Samarinda juga diharapkan mampu untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai pelaku ekonomi, hal ini dimaksudkan agar nantinya muncul sinergi yang lebih baik dan harmonis serta berkesinambungan antara masyarakat dan Pemerintah. Pembangunan daerah di bidang ekonomi dilaksanakan dalam rangka menciptakan struktur ekonomi yang kukuh melalui pembangunan yang maju termasuk di bidang perdagangan sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat yang didukung oleh kekuatan dan kemampuan sumber daya yang tangguh.

 

Aspek-Aspek dalam membangun Visi Dinas Perdagangan Kota Samarinda

Mengingat Samarinda merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki posisi dan kedudukan strategis,maka pembangunan Kota Samarinda di fokuskan untuk menjadi kota metropolis. Dimana Kota Samarinda akan bertransformasi sebagai kota perdagangan dan jasa yang berdaya saing, aman, nyaman, tertib, sehat dan berwawasan lingkungan.

Dengan demikian, peningkatan sektor perdagangan merupakan salah satu komponen dan kunci utama dalam pencapaian target pembangunan di Kota Samarinda. Melalui penguatan kompetensi inti di masing-masing daerah maka peningkatan sektor perdagangan harus diarahkan pada penciptaan produk yang memiliki daya saing global dengan tetap menjangkau dan berfungsi sebagai penggerak ekonomi masyarakat.

 

MISI

Untuk mewujudkan Visi Dinas Perdagangan Kota Samarinda, perlu adanya beberapa misi yang harus dilaksanakan oleh seluruh personil Dinas. Dengan adanya misi, diharapkan seluruh pegawai dan pihak lain yang berkepentingan dapat mengenal peran Dinas Perdagangan tentang program-programnya serta hasil-hasilnya. Untuk itu, Dinas Perdagangan Kota Samarinda menentukan misinya sebagai berikut:

 

  • 1. Meningkatan Penguasaan Kebutuhan Pasar Domestik dan Internasional

Perdagangan di era globalisasi menghadapi persaingan yang sangat ketat baik domestik maupun internasional. Dengan ketatnya persaingan dan lingkungan kompetitif bidang perdagangan membuat Dinas Perdagangan Kota Samarinda gencar meningkatkan penguasaan kebutuhan pasar baik domestik maupun internasional. Dengan meningkatkan kebutuhan pasar baik domestik maupun international maka diharapkan mampu memicu peningkatan berbagai aktivitas perdagangan.

Penguasaan kebutuhan pasar domestik dan international merupakan hal yang cukup strategis dalam rangka meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat. Hal ini tentunya harus didukung dengan produk yang unggul (yaitu memenuhi standar kualitas produk) dan teknologi yang tepat dan ramah lingkungan. Disamping itu, menyediakan iklimu saha yang kondusif agar pelaku usaha dapat melakukan inovasi teknologi dan diversifikasi produk. Dengan memiliki produk yang unggul dan teknologi yang mutakhir,diharapkan nantinya akan mampu memenangkan persaingan perdagangan.

 

  • 2. Mewujudkan Perdagangan yang Aman, Nyaman Berwawasan Lingkungan dan Mendukung Pencapaian Target Pendapatan Daerah

Perdagangan merupakan faktor penting guna merangsang pertumbuhan ekonomi suatu daerah, termasuk Kota Samarinda sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur. Peran perdagangan dalam suatu daerah sangat penting, baik perdagangan domestik maupun internasional. Pembangunan perdagangan merupakan salah satu kegiatan di bidang ekonomi yang mempunyai peran strategis dalam rangka pembangunan yang berwawasan nusantara. Sektor perdagangan berperan dalam mendukung kelancaran penyaluran arus barang dan jasa, memenuhi kebutuhan pokok rakyat, serta mendorong pembentukan harga yang wajar.

Pembangunan sektor perdagangan yang aman, nyaman, berwawasan lingkungan serta berkelanjutan sangat penting dalam upaya mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, serta memberikan sumbangan yang cukup dalam penciptaan lapangan usaha dan perluasan kesempatan kerja serta mendukung pencapaian target pendapatan daerah kota Samarinda. Pembangunan perdagangan berperan penting pula dalam menciptakan dan mempertahankan stabilitas ekonomi, mengendalikan inflasi dan neraca pembayaran.

 

  • 3. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sarana Prasarana Perdagangan

Sarana prasarana perdagangan merupakan faktor sangat vital untuk mendukung kegiatan perdagangan khususnya pedagang pedagang kecil yang berada didalam dan luar wilayah pasar rakyat.

Dinas Perdagangan berkewajiban membina pedagang serta menyediakan sarana prasarana perdagangan yang baik dan memenuhi standar agar kegiatan perdagangan bisa berjalan dengan baik, aman dan nyaman.

Sarana prasarana perdagangan juga menjadi tolak ukur dalam peningkatan pendapatan asli daerah kota samarinda melalui retribusi pasar dan kemetrologian.

 

  • 4. Meningkatkan Kualitas SDM Aparatur dan Sarana Prasarana Pelayanan Publik Bidang Perdagangan

Peningkatan sumber daya aparatur merupakan strategi pemerintah daerah untuk mewujudkan aparatur pemerintah yang memiliki kinerja baik. Dinas Perdagangan Kota Samarinda merupakan Organisasi Perangkat Daerah di Kota Samarinda yang memiliki tugas penyelenggara pemerintahaan di Bidang Perdagangan dalam hal ini juga melakukan kegiatan peningkatan sumber daya Aparatur agar kinerja aparatur menjadi lebih baik.

Sarana dan prasarana pelayanan publik menjadi sangatah penting dalam menunjang kinerja aparatur pemerintah, dalam hal ini Dinas Perdagangan Kota Samarinda memiliki sarana dan prasarana kerja yang masih harus ditingkatkan karena baru dibentuknya OPD Dinas Perdagangan Kota Samarinda sesuai PP Nomor 18 Tahun 2016.